Jaringan Komputer
Ø Konsep
Jaringan komputer adalah
hubungan dua buah komputer atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran
data, bagipakai (sharing) perangkat
lunak dan keras.
Ø Klasifikasi
Berdasarkan Luas Area :
Local Area Network, Metropolitan Area Network dan Wide Area Network.
Berdasarkan Protokol :
Close dan Open.
Berdasarkan Media Transmisi (Layer Fisik) : Berkabel dan Tanpa Kabel.
Ø Berdasarkan Luas Area
Local Area Network (LAN): untuk satu lingkungan kecil
misal perkantoran dan kampus. Kira-kira 100 komputer.
Metropolitan Area Network (MAN): Untuk satu kota atau
distrik. Kira-kira 1000 komputer.
Wide Area Network (WAN): Berlaku di seluruh dunia.
Ø Protokol Komunikasi
Protokol adalah cara 2 komputer berkomunikasi untuk
membentuk jaringan komputer dan berbagi sumberdaya.
Protokol dipecah menjadi berbagai layer untuk membuat
pembagian tugas. Misal ada yang membuat layer fisik dan ada yang membuat layer
network dll.
Protocol yang terkenal adalah Internet untuk
menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia.
Ø Klasifikasi Protokol
Close: Komunikasi hanya bisa dilakukan oleh 2 sistem yang
sama misal Windows Network. Sesama Windows bisa sharing file dan printer, tapi
tidak dengan Linux.
Open: Komunikasi bisa dilakukan untuk semua sistem
komputer, misal Internet.
Ø Media Transmisi
Berkabel (Wired): Menggunakan kabel untuk megirimkan
data. Misal Fiber Optik dan UTP.
Tanpa Kabel (Wireless): menggunakan media tanpa kabel
untuk mengirimkan data. Misal dengan gelombang mikro dan infra red.
Ø Media Transmisi Berkabel
Jenis Kabel: UTP, Koaxial dan Fiber Optik.
Topologi : Mesh, Star, Bus, Ring dan Pohon.
Perangkat Pendukung: Repeater, Bridge, Router, Gateway
dan Brouter.
Ø Kabel UTP
pasangan kabel
tembaga yang berlilitan supaya kuat.
100 MB/sec
Jarak pendek sampai 100 meter
Tidak mahal,
mudah dalam perawatannya
Terpengaruh gangguan elektronik atau
suara
Ø Kabel Koaxial
Silinder
utama dikelilingi oleh kabel-kabel
lainnya
10 MB/sec
Dibawah tanah,
dibawah laut dengan jarak maxi 185 meter
Kualitas lebih
bagus dari UTP, lebih tangguh
Lebih mahal dari UTP
Ø Kabel Fibre optic
denyut cahaya lewat semacam tabung bening dan flexible
seukuran ½ kali ketebalan
rambut manusia
100 MB/sec sampai 10 GB/sec
Selama
jarak / kecepatan dan sedikitnya gangguan lebih diutamakan daripada harganya
(100 km)
Sangat dapat diandalkan, tanpa terpengaruh gangguan
elektronik sebab signal ditransmisikan dengan impulse cahaya
Harganya termahal dibandingkan kabel
sebelumnya
l Topologi Jaringan
Kabel
l Media Transmisi Tanpa Kabel
Gelombang Mikro.
Satelit.
Gelombang Radio.
Infra Red.
Aplikasi Internet
l Konsep
Internet adalah
protokol komunikasi yang memungkinkan komputer di seluruh
dunia untuk saling berkomunikasi.
l Koneksi Internet
Dengan Modem:
Menggunakan line telepon untuk membuka koneksi dengan
ISP.
Dengan LAN
Komputer terkoneksi dengan LAN dan diberi alamat IP,
Gateway dan DNS.
l Aplikasi Internet
Aplikasi Internet adalah protokol komunikasi yang terletak pada layer paling
atas langsung dapat dimanfaatkan oleh
user misal HTTP, FTP dan email.
l HyperText Transfer Protocol (1)
Disebut juga World Wide Web (WWW).
Protokol komunikasi antara client (browser) dan server
(web server).
Browser menghubungi web server, web server mengirimkan
file HTML dan browser menampilkan file itu.
HTTP merupakan layanan yang paling berkembang.
Klien tidak hanya menerima data tapi juga bisa
mengirimkan data.
l HyperText Transfer Protocol (2)
Aplikasi web based cukup diinstal di server di klien
hanya dibutuhkan browser yang biasanya sudah terinstal.
Administrasi aplikasi berbasis web hanya dilakukan di web
server.
Seluruh dunia bisa menghubungi web server.
Aplikasi internet kebanyakan sudah dibuat berbasis web.
l Email (1)
Protokol untuk mengirimkan pesan ke orang lain yang juga
memiliki email.
Email dikirimkan ke dari satu mail server ke mail server
yang lain. Misal mail.yahoo.com adalah sebuah mail server.
Email disimpan di mail server bukan di komputer user.
User membaca email dengan mail client (Microsoft
Outlook).
l Email (2)
Mail Client request ke Mail Server dan mail server
mengirimkan email-email yg ditujukan kepada user tersebut. Protokol ini disebut
sebagai Post Office Protocol (POP).
Utk mengirim email, user menulis email di mail client.
Mail client akan meminta mail server mengirimkan email. Protokol ini disebut
sebagai Post Office Protocol.
l Email (3)
Aplikasi email dikembangkan berbasis web supaya tidak
perlu menginstal Mail Client.
Misal http://mail.yahoo.com. Yang berfungsi sebagai mail client adalah http://mail.yahoo.com. Kita tidak perlu tahu dimana mail server.
Email tidak hanya untuk mngirim pesan tapi juga bisa
untuk mengirim file.
l Voice Over Internet Protocol (1)
VoIP merupakan layanan di Internet untuk melakukan
komunikasi suara.
Melakukan komunikasi suara antar komputer merupakan hal
yang mudah.
VoIP merupakan protokol untuk menggabungkan jaringan
telepon dengan jaringan internet.
l Voice Over Internet Protocol (2)
Dengan VoIP diharapkan user bisa menelepon rumah dari
sebuah PC dan menelepon PC dari telepon rumah.
Biaya telepon lebih mahal dibandingkan biaya internet.
Jika bisa melewatkan suara lewat jaringan internet maka
biaya yag dikeluarkan adalah biaya internet.
Telekomunikasi
v Konsep
Telekomunikasi
adalah aktifitas transfer informasi antar manusia dengan bantuan mesin. Dapat
dilakukan baik dalam jarak dekat maupun jauh.
v Peranan
Telekomunikasi
Membantu
manusia mengirim-menerima informasi dalam jarak jauh.
Menyediakan
kemudahan dalam banyak hal,seperti bisnis, pendidikan, maupun perbankan.
v Aplikasi
Telekomunikasi
ATM
(Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine)
Telekonferensi
Telecommuting
Komputasi
grup kerja (workgroup computing)
EDI
(Electronic Data Interchange) Dll
v Isyarat/ Sinyal
Dasar sistem telekomunikasi adalah isyarat. Isyarat dapat dibedakan menjadi dua :
a. Analog,
berbentuk seperti gelombang, memiliki frekuensi dan amplitudo.
b. Digital,
isyarat ini terdiri atas dua keadaan yang disebut bit, berupa keadaan 0 dan 1.
v Pertukaran
Isyarat/ Sinyal
Komputer
pengirim mengirimkan sinyal Digital.
Oleh
modem diubah menjadi Analog.
Dialirkan
melalui jaringan luar (contoh jaringan telepon).
Diterima
modem, diubah kembali menjadi sinyal Digital.
Diterima
oleh komputer penerima.
v Laju Data
Kecepatan
data dalam sistem komunikasi data biasanya dinyatakan dengan istilah laju bit
dan laju baud.
Laju
Bit, menyatakan jumlah bit per detik.
Laju
Baud, menyatakan kecepatan isyarat (baik analog maupun digital) yang melalui
kanal atau jumlah elemen isyarat per detik.
v Penggunaan laju
bit dan baud
Penggunaan
laju bit dan laju baud pada komunikasi data antara dua buah komputer yang
menggunakan jalur telpon
v Transmisi
Transmisi dibagi menjadi :
a. Serial,
pengiriman 1 bit dalam satu satuan waktu.
b. Paralel,
pengiriman sejumlah bit dalam satu satuan waktu.
v Konfigurasi
Jalur komunikasi
Titik-ke-titik (point-to-point)
menghubungkan secara khusus dua buah peranti yang hendak berkomunikasi.
Multititik (multipoint) menyatakan hubungan yang
memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah peranti yang
berkomunikasi.
v Arah Transmisi
a. Simplex menyatakan arah
transmisi yang hanya memungkinkan isyarat mengalir satu arah.
b. Half-duplex menyatakan hubungan dua arah yang hanya dapat dilakukan
secara bergantian.
c. Full-duplex menyatakan hubungan dua arah yang dapat dilakukan secara
bersamaan.
v Mode Transmisi
a. Transmisi asinkron (asynchronous
transmission) mengirimkan data per karakter. Setiap karakter ditandai
dengan bit pemulai (start bit), bit pengakhir (stop bit), serta bit pemeriksa
kesalahan.
b. Transmisi sinkron
(synchronous transmission) mengirimkan data per blok (sejumlah
karakter). Pada bagian awal terdapat field SYN (synchronization) yang
berupa sebuah karakter untuk melakukan sinkronisasi.
v Media
Telekomunikasi
a.
Media
berkabel
·
kabel pasangan terpilin (twisted pair),
·
kabel
koaksial (coaxial cable atau coax), dan
·
kabel serat optik
b.
Media
tidak berkabel
·
mikrogelombang (microwave),
·
satelit,
·
gelombang radio, dan
·
inframerah
BASIS DATA
l Konsep
Basis data dapat diartikan sebagai
kumpulan sumber/ data yang disimpan di dalam komputer secara sistematik
sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh
informasi dari data tersebut.
l Peranan Basis
Data
Basis
data (database) memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan. Informasi
dapat diperoleh dengan cepat berkat data yang mendasarinya telah disimpan dalam
basis data.
Contoh,
mekanisme pengambilan uang pada ATM, KRS online, penjualan lewat internet.
l Struktur Data dan
Basis Data
Data
disusun dalam suatu struktur logis, yaitu :
a. kumpulan
tabel menyusun basis data,
b.
tabel tersusun
atas sejumlah record,
c.
sebuah record
mengandung sejumlah field,
d. sebuah feld
disimpan dalam bentuk kumpulan bit.
l DMBS (database
management system)
DBMS
(DataBase Management System) adalah sistem yang secara khusus dibuat
untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk
mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.
Contoh
DBMS :
a. MySql
b.
Ms Sql
c.
Oracle
d. Posgre
Sql, dll
l Keuntungan DBMS
1. Independensi
data
2.
Pengaksesan yang
efisian terhadap data
3.
Keamanan dan
integritas data
4.
Administrasi
data
5.
Akses bersama
dan pemulihan terhadap kegagalan
6. Waktu
pengembangan aplikasi diperpendek
l Jenis basis data
(Pengaksesan)
a. Basis
data Individual
b.
Basis data
Perusahaan
c.
Basis data
Terdistribusi
d. Bank
data Publik
l Model Data
a. Model
data hirarkis
Akar
|
Dosen
1
|
Dosen
2
|
Pascal
|
Database
|
pemrograman
|
Aga
|
Ana
|
Budi
|
Cani
|
Dani
|
Cani
|
Eko
|
b. Model
data Jaringan
Dosen
1
|
Dosen
2
|
Pascal
|
Database
|
pemrograman
|
Aga
|
Ana
|
Budi
|
Cani
|
Dani
|
Eko
|
c. Model
data relasional
|
|
|
d. Model
data berbasis Objek
Model
data berbasis objek adalah model data yang menerapkan teknik pemrograman
berorientasi objek. Berbeda dengan tiga model yang telah dibahas di depan,
model data berbasis objek mengemas data dan fungsi untuk mengakses data
(metode) ke dalam bentuk objek.
l Komponen DBMS
a. Kamus
data
b.
Utilitas
c.
Pembangkit
Laporan l
d.
Pembangkit
aplikasi
e.
Keamanan akses
f. Pemulihan
sistem
l SQL (Stucture
Query Language)
SQL
(Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses
basis data yang tergolong relasional.
Sesungguhnya
SQL tidak terbatas hanya untuk mengambil data (query), tetapi juga dapat
dipakai untuk menciptakan tabel, menghapus tabel, menambahkan data ke tabel,
menghapus data pada tabel, mengganti data pada tabel, dan berbagai operasi yang
lain.
l Data Warehouse
& Data Mart
Data
warehouse adalah tempat penyimpanan secara fisik dimana data relasional
diorganisasi secara khusus dalam format yang baku.
l OLAP (Online Analitical
Processing)
adalah
jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan permintaan terhadap data
dalam bentuk yang kompleks dan bersifat sementara serta sewaktu-waktu. OLAP
memanipulasi dan menganalisis data bervolume besar dari berbagai perspektif
(multidimensi). Oleh karena itu OLAP seringkali disebut analisis data
multidimensi.
l Data Mining
adalah
perangkat lunak yang ditujukan untuk mengidentifikasi trend
(kecenderungan) atau pola yang terdapat pada himpunan data yang sangat banyak
dengan sedikit masukan dari pemakai. Perangkat lunak ini mampu menemukan
pola-pola tersembunyi maupun hubungan-hubungan yang terdapat dalam basis data
yang besar dan menghasilkan aturan-aturan yang digunakan untuk memperkirakan
perilaku di masa mendatang.
l ERP
ERP
(Enterprise Resource Planning) merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk
menangani manajemen produksi dalam perusahaan.
Aplikasi
Internet untuk Bisnis
Konsep
Internet
dan E - business
A.
Sistem
Komunikasi dan Kolaborasi
Di
dalam sistem komunikasi dan kolaborasi perusahaan, para anggota tim kerja dapat
melakukan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi dengan menggunakan telnologi
seperti surat elektronis, sistem chat, dan bahkan videokonferensi.
B.
Sistem
Bisnis Internal
Sistem
bisnis internal digunakan untuk melayani proses dan bisnis secara internal.
Dengan menggunakan sistem seperti ini, seorang manajer yang sedang bepergian
dapat mengakses basis data perusahaan yang terdapat pada server dengan mudah.
C.
Perdagangan
Elektronis
Perdagangan
elektronis atau e-commerce adalah segala bentuk
kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi yang
dilakukan secara elektronis. Domain e-commerce berupa B2B, B2C, C2B, dan
C2C.
D.
Business
to Business (B2B)
B2B
menyatakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa
perusahaan dan dilakukan secara elektronis.
Keuntungan
yang didapatkan :
1. Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli.
2. Menurunkan biaya transaksi kedua
belah pihak.
3. Menciptakan pasar baru tanpa
dibatasi oleh wilayah geografis.
4. Meningkatkan komunikasi dan
kolaborasi antara penjual dan pembeli.
E.
Business
to Cunsumer (B2C)
B2C
adalah bentuk jual-beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen
akhir yang dilakukan secara elektronis. Perusahaan-perusahaan terkenal yang
melayani B2C antara lain adalah Dell (www.dell.com), Cisco (www.cisco.com), dan
Amazon (www.amazon.com).
F.
Consumer
to Consumer (C2C)
model perdagangan yang terjadi
antara konsumen dengan konsumen, yang dilakukan secara elektronis. Situs
seperti eBay (www.ebay.com) menyediakan sarana yang memungkinkan orang-orang
dapat menjual atau membeli barang di antara mereka sendiri.
G.
Consumer
to Business (C2B)
Beberapa
situs telah berinisiasi untuk mendukung bisnis yang berbasiskan konsumen ke
pebisnis (Consumer-to-business atau C2B). contoh, Priceline.com
H.
Intranet
dan Ekstranet
Intranet
adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi
Internet, sehingga terbentuk lingkungan yang seperti Internet tetapi bersifat
privat bagi perusahaan bersangkutan.
Extranet adalah jaringan privat
yang menggunakan teknologi Internet dan siste.n telekomunikasi publik untuk
membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan,
dan pihak bisnis lainnya d clam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis.
I.
Nilai
Bisnis Internet
Menghasilkan
pendapatan baru melalui penjualan online.
Memperkecil
biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara online.
Menarik
pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan Web dan penjualan secara online.
Membuat produk-produk baru agar
segera bisa diakses melalui Web.
J.
Organisasi
Virtual
Adalah
suatu jaringan organisasi yang independen yang dihubungkan melalui teknologi
informasi dengan tujuan untuk mengeksploitasi peluang pasar dengan berbagi
ketrampilan, biaya, dan akses pasar.
K.
E
- Intermediary
Adalah
para anggota saluran distribusi Internet yang melakukan salah satu atau dua
fungsi berikut :
Mereka mengumpulkan informasi
tentang para . penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis kepada para
konsumen
Mereka membantu menyalurkan
produk-produk Internet ke konsumen.
L.
Penjual
Bersindikat
adalah
sebuah situs Web yang menawarkan hubungan kepada konsumen ke situs-situs Web
lain dan atas jasa ini Web yang menghubungkan ke Web lain akan mendapatkan
komisi.
M.
Agen
Pembelanjaan
merupakan suatu situs Web yang
membantu para konsumen dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi
yang diperlukan konsumen dalam rangka membuat keputusan pembelian.
N.
Makelar
Bisnis ke Bisnis
makelar bisnis-ke-bisnis tidak
memiliki produk. Perantara ini menyediakan sarana komunikasi antarpebisnis.
O.
M-commerce dan Teknotogi WAP
M-commerce
adalah bentuk penjualan dan pembelian produk yang dilakukan melalui peranti seperti telepon seluler atau PDA.
Teknologi
yang mendasari M-commerce adalah WAP (Wireless Application Protocol).
P.
Prinsip
Komunikasi WAP
Sistem Informasi
n Konsep
Informasi,
secara umum dapat diartikan sebagai suatu data yang telah diolah sehingga dapat
dipahami antara pengirim dengan penerima.
Sistem
Informasi, adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan
teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah
organisasi.
n
Level
Manajemen
|
Manajemen tk atas (manajemen strategis)
|
Manajemen tk menengah (manajemen taktis)
|
Manajemen tk bawah (manajemen operasional)
|
Pegawai non-manajemen
|
n Arus Informasi
|
|
|
|
Arus informasi vertical ke atas
|
Arus informasi horisontal
|
|
n Jenis Keputusan
Keputusan
terstruktur
Keputusan
semiterstruktur
Keputusan
tidak terstruktur
n Jenis Sistem Informasi
Menurut
dukungan terhadap level manajemen :
TPS, MIS, DSS, EIS, OAS, GSS, dan
ISS
Menurut
area fungsional :
a. sistem informasi akuntansi,
b. sistem informasi keuangan,
c. sistem informasi manufaktur,
d. sistem informasi pemasaran, dan
e. sistem informasi sumber daya
manusia.
• TPS (Transaction
Processing System),
• MIS (Management
Infromation System),
• DSS (Decision
Support System),
• EIS (Executive
Information System),
• OAS (Office
Automation System),
• GSS (Group Support
System), dan
•
ISS (Intelligent
Support System)
Komunikasi antara berbagai area fungsional dan
antar tim kerja
|
Arus informasi vertical ke bawah
|
Kinerja
organisasi
|
Strategi,
sasaran, pengarahan
|
|
|
Layanan
informasi dan basis data komersial
|
n Contoh interaksi TPS, MIS, dan EIS
n Sistem Antarorganisasi
Adalah
sistem yang mengotomasikan arus informasi antarorganisasi untuk mendukung
perencanaan, perancangan, pengembangan, produksi, dan pengiriman produk dan
jasa
n Unit Layanan SI
a. Struktur
organisasi terpusat
EIS
|
MIS
|
TPS
|
Sumber komputer lain
|
Sumber non komputer
|
Eksekutif
|
|
|
|
|
|
b.
Strutur organisasi tersebar
|
Direktur layanan informasi
|
Pengembangan sistem
|
Operasi
|
Layanan teknis
|
Layanan pemakai akhir
|
Analisis sistem
|
pemrograman
|
Manaje men pusat data
|
Telekomunikasi
|
Pemeliha raan aplikasi
|
n Pengembangan SI
Ada
banyak cara dalam mengembangkan sistem informasi,
insourcing, adalah keputusan bisnis yang sering dibuat untuk mempertahankan
kontrol produksi kritis atau kompetensi.
prototyping,
adalah sebuah
Javascript Framework yang dibuat untuk lebih memudahkan proses dalam membangun
aplikasi berbasis web.
paket perangkat lunak, adalah kumpulan
program komputer,
biasanya berupa aplikasi
atau
perangkat
lunak pemrograman, yang memiliki fungsi yang berhubungan.
selfsourcing,
adalah pengerjaan
suatu proyek dalam hal ini sistem informasi suatu perusahaan oleh perusahaan
itu sendiri, atau secara internal dikembangkan oleh perusahaan itu sendiri.
outsourcing.
Adalah penggunaan pihak ketiga atau vendor untuk
membangun dan mengembangkan suatu paket Sistem Informasi yang dibutuhkan oleh
perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar