Sabtu, 08 Desember 2012

PERTEMUAN II
INTERNET

A.  Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network atau hubungan antar jaringan komputer. Jaringan komputer sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai hubungan fisik komputer dengan komputer yang lain melalui sebuah media.
Secara umum, jaringan komputer dapat digolongkan atas empat jenis, yaitu sebagai berikut:
1.   Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor tersebut. Komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut.
Komputer yang terhubung dalam satu LAN hanya berjarak kurang lebih 10 meter.
2.   Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Hal ini dibuat untuk berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lain.
3.   Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup antarpulau, antarnegara, bahkan antarbenua.
4.   Internet
Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa internet merupakan jaringan terbesar yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Internet merupakan dunia maya tanpa batas (cyberspace) yang tidak mengenal batas-batas suku, bangsa, dan benua.



B.  Sejarah Terbentuknya Internet
·    Internet dikembangkan pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk keperluan militernya. Pada saat itu militer Amerika Serikat ingin menjangkau seluruh pasukannya walaupun berada di daerah pelosok. Program internet yang bersifat rahasia dilaksanakan oleh Defence Advance Research Project Agency (DARPA) dengan program  Advanced Research Project Agency Network (ARPANet) yang pada awalnya hanya ada 3 komputer yang saling berhubungan di Utah, Amerika Serikat. Jaringan internet ini dibentuk pada tahun 1969.
·    NSFnet, jaringan komputer Internasional yang dioperasikan oleh lembaga yang bernama National Science Foundation. Jaringan ini menghubungkan ratusan Universitas dan lembaga-lembaga penelitian.
·    MILnet, jaringan komputer untuk keperluan militer.
·    Internet, merupakan jaringa komputer terluas yang dibentuk pada tahun 1982 dengan menghubungkan jaringan utama pemerintahan yang telah ada.

C. Perangkat yang Diperlukan
Selain hubungan secara fisik, komputer di dalam jaringan juga memerlukan sebuah bahasa (protokol) yang sama untuk dapat berkomunikasi dengan baik di dalam suatu jaringan. Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu sama lain. Adapun salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol), yang dikirim komputer melalui sebuah media.
TCP/IP merupakan sebuah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data / tata cara untuk berkomunikasi dengan jaringan. TCP/IP mempunyai kelebihan, yaitu dapat mengomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. TCP/IP memungkinkan komunikasi antara komputer PC dengan Macintosh atau antara sistem operasi Windows dengan Unix atau Linux. Dalam prinsip kerjanya, TCP/IP melewati lima lapisan data.
Untuk bekerja dengan internet diperlukan perangkat pendukung yang baik, antara lain :
-     Line Telepon (PTSN)
-     Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan perangkat untuk memodulasi data dari listrik ke dalam gelombang elektromagnetik (analog ke digital) sehingga dapat dikirim melalui udara.
Modem terdiri dari 2 macam, yaitu eksternal dan internal. Modem eksternal berada di luar Central Processing Unit (CPU) sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Modem internal adalah modem yang berada di dalam CPU, bentuknya seperti kartu yang ditancapkan pada slot AGP atau slot PCI.
-     Account pada suatu ISP (Internet Service Provider) atau ISP instan (Telkomnet)
ISP (penyedia jasa internet) adalah perusahaan yang akan menangani permintaan koneksi internet.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ISP, agar akses internet tidak mengalami gangguan antara lain kapasitas bandwidth, kapasitas jaringan, akses pulsa lokal, serta kehandalan dan keamanan jaringan.
-     Sebuah program browser / penjelajah internet (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, dll).

D. Aplikasi-aplikasi Internet
Internet sebagai jaringan komputer global mempunyai fungsi yang penting. Banyak hal yang dapat dilakukan pemakai komputer melalui internet, seperti :
a)      Mencari informasi (hosting)
b)      Belanja / perdagangan elektronik (e-commerce)
c)      Berkirim surat (e-mail)
d)      Mengobrol (chatting), dan
e)      Research dengan internet




E.  Keuntungan dan Kerugian Internet
v Keuntungan Internet
·     Terhubung jutaan komputer di seluruh dunia, tanpa terikat waktu, tempat dan biaya.
·     Tidak terikat pada organisasi apapun.
·     Dapat bertukar informasi baik secara internal maupun eksternal.
·     Dapat digunakan siapa saja untuk melakukan akses informasi apa saja.
v Kerugian Internet
·     Terjadi penipuan atau perusakan informasi terhadap pengetahuan yang ada di internet.
·     Pemasaran produk, layanan yang illegal di internet.
·     Pornografi.

0 komentar:

Posting Komentar