Sabtu, 08 Desember 2012

pertemuan ke-3


PERTEMUAN III
POWERPOINT

A.     Mengenal PowerPoint
PowerPoint merupakan sebuah program yang menjadi satu produk atau satu paket pada program under Windows dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Sebagai salah satu program yang terkemas dalam satu paket, maka ketiga program tersebut mempunyai menu dan operasi yang hampir sama, sehingga dengan menguasai salah satunya maka yang lain menjadi tidak terlalu sulit.
PowerPoint merupakan salah satu program yang mudah digunakan sebagai alat bantu dalam presentasi. Kemudahan operasional (user friendly) membuat program ini menjadi populer walaupun banyak program presentasi yang lain.
Untuk mengaktifkan program ini, ikuti langkah berikut ini :
[1]            Klik Start
[2]            Pilih Program
[3]            Pilih Microsoft Office
[4]            Pilih Microsoft PowerPoint

B.     Membuat Presentasi
Untuk membuat presentasi, bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara berikut ini:
·    Blank Presentation
Pada pilihan ini, kita tidak diberikan pola untuk layout presentasi, sehingga kita harus dapat menentukan sendiri jenis slide dan format yang digunakan.
·    Installed Template
Presentasi dengan template bawaan dari PowerPoint2007 yang memudahkan kita menyiapkan sebuah presentasi. Template tersebut mencakup isi, tujuan, format handout dan output.
·    Installed Themes
Presentasi dengan salah satu theme bawaan pada PowerPoint2007.
·    My Template
Presentasi dengan templates yang sudah ada, yang pernah kita buat sebelumnya.
·    New From existing
Membuat presentasi baru dengan mengolah file yang sudah pernah kita buat sebelumnya.
Dalam membuat presentasi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
1)      Audience
Maksudnya audiens yang akan dihadapi itu seperti apa. Dalam hal ini akan berkaitan dengan warna, tulisan (jenis,ukuran dan warna huruf), dan bahasa. Dan ketiga hal tersebut disesuaikan dengan audiens yang akan dihadapi.
Karena audiens adalah manusia, sehingga presentasi sebaiknya dibuat secara sederhana, menarik, dan jelas. Sederhana dalam arti slide hanya memuat hal-hal pokok dan tidak perlu dituliskan secara mendetail.
Hal kedua, yaitu menarik, artinya slide harus didesain sedemikian rupa sehingga menarik untuk dinikmati.
Prinsip yang ketiga, yaitu jelas, maksudnya slide dapat dilihat dengan jelas oleh semua audiens, sehingga mereka tidak terganggu dengan tulisan-tulisan yang kabur, terlalu banyak dan sebagainya.
Jadi, dengan begitu audiens akan mudah dalam memahaminya.

C.     Membuat Template
Untuk menginginkan model template yang sudah disediakan oleh Microsoft PowerPoint, maka kita bisa melakukannya dengan cara sebagi berikut:
a.   Piih tab Design, lalu klik tombol dropdown All Themes untuk menampilkan semua tema dan pilih salah satu
b.   Untuk mengubah warnanya, kita bisa meng-klik Colors, kemudian pilih warna yang kita inginkan
c.   Jika kita menginginkan settingan warna sendiri, kita dapat memilih Create New Theme Colors..., lalu tekan Save
d.   Pengaturan lainnya, seperti font dan pengaturan efek juga dapat dilakukan sama seperti pengaturan warna



D.     Membuat Background
Suatu presentasi tak lepasdari kata indah, menarik dan mengesankan. Pengaturan background harus benar-benar diperhatikan. Pengaturan background juga harus disesuaikan dengan teksnya. Berikut ini langkah-langkahnya:
a.   Pilih tab Design, klik tanda anak panah pada grup Background atau langsung menekan tombol Background Style
b.   Akan ditampilkan kotak dialog Format Background

E.      Menyisipkan Objek Pada Presentasi
(1)    Menyisipkan Picture / Gambar
Picture merupakan bentuk-bentuk gambar yang disediakan oleh PowerPoint sendiri atau dari luar. Langkah untuk menyisipkannya adalah:
[a] klik menu Insert
[b] pilih Picture
[c] pilih salah satu gambar yang diinginkan
[d] klik Insert
Untuk memperbesar ukuran gambar maka klik picture, lalu tarik node-node ke kanan, ke kiri, ke bawah, atau ke atas sesuai denganukuran yang diinginkan.
(2)    Menyisipkan Chart
Grafik atau chart dapat mempermudah tampilan data sehingga lebih elegan, praktis, dan simpel. Untuk menyisipkan grafik / chart, caranya adalah sebagai berikut:
[a]     klik menu Insert
[b]     pilih dan klik Chart, maka akan muncul berbagai bentuk grafik. Lalu pilih salah satu, kemudian klik OK. 
(3)    Menyisipkan Tabel
Tabel juga merupakan salah satu alat presenttasi yangg cukup efektif, karena dengan tabel, data dapat disajikan dalam bentuk rangkuman sehingga mudah dipahami oleh orang lain. Untuk menyisipkan tabel, lakukan langkah sebagai berikut:
[a]     klik menu Insert
[b]     pilih dan klik Table
[c]     klik dengan sistem drag sesuai kolom dan baris yang dikehendaki.

F.      Custom Animation
Maksudnya adalah membuat suatu animasi dengan karya sendiri. Pemberian  Custom Animation dapat diberikan pada obyek atau teks. Pembuatan pada teks dapat dilakukan pada seluruh teks yang berada di dalam placeholder maupun tidak dengan cara:
1.       Klik tab Animations
2.       Klik Custom Animations
Selain itu, kita juga dapat memberikan animasi untuk slide (slide transition) dengan cara:
1.       Klik tab Animations
2.       Pilih dan klik grup Transition to this slide
Sementara jika kita akan memberikan animasi pada suatu teks atau obyek maka lakukan langkah sebagai berikut:
1.       Klik teks atau obyek yang ada dalam slide yang akan diberi animasi
2.       Klik tab Animation
3.       Pada grup Animation, klik Custom Animation maka akan muncul Custom Animation Pane di sebelah kanan layar
4.       Klik Add Effect
5.       Pilih salah satu kelompok animasi
6.       Klik More Effect untuk menampilkan beberapa effect dari obyek atau teks.

G.     Membuat Hyperlink
Dengan menggunakan Hyperlink, kita dapat menghubungkan slide satu dengan slide yang lainnya sehingga menjadi friendly dan efisien.
Untuk membuat Hyperlink, ikuti langkah-langkah berikut ini:
a.   Blok tulisan yang akan dibuat tombol Hyperlink
b.   Klik menu Insert
c.   Pilih dan klik Hyperlink, maka akan muncul kotak dialog Hyperlink.
d.   Pilih dan klik Place in This Document
e.   Pilih dan klik salah satu, dengan slide mana yang akan dihubungkan pada kotak Select a place in this document
f.    Klik OK.
Tulisan yang diblok setelah di Hyperlink akan bergaris bawah. Hal itu menandakan bahwa tulisan itu sudah menjadi Hyperlink dengan slide lain. 

0 komentar:

Posting Komentar