MICROSOFT WORD
A. MENGENAL MICROSOFT WORD
Microsoft Word merupakan salah satu program
pengolah kata yang ada saat ini. Microsoft Word yang merupakan produk dari Microsoft
Corporation memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan. Microsoft Word
merupakan sub dari Microsoft Office. Microsoft Word atau disingkat MS. Word
saat ini sangat populer di seluruh dunia karena kehandalannya sebagai program
pengolah kata dan memiliki fasilitas yang fantastis. Microsoft Word merupakan
program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk
membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat,
membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang
biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Word,
antara lain fasilitas mouse, menu, tools menu, task pane yang sangat familiar
sehingga mudah untuk dipahami.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word,
ada baiknya jika kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket
latihan ini. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan layar), Menu,
dan Toolbar.
Screen Layout atau tampilan layar, sesuai dengan arti
kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda
saat mengoperasikan program ini. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, dapat
dilihat pada gambar di bawah ini.
Pada bagian Baris Judul, dapat kita
lihat nama file yang sedang kita buka, jika kita belum menyimpan dan memberi
nama pada file yang kita buka, biasanya Microsoft Word akan menampilkan file
tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
Istilah Menu yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai
pengertian yang hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari.
Di dalam menu ini, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan
menyorot perintah tersebut pada Baris Menu.
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang
dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada pada menu. Cara
memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut.
B. MENGAKTIFKAN MICROSOFT WORD
Untuk membuka Microsoft
Word ada dua cara, yaitu:
1. Dengan double klik icon
shortcut Microsoft Word yang ada pada desktop.
2. Cara lain: Klik Tombol Start yang ada di taskbar, Pilih
menu Program, Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word, dan
Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.
C. BEKERJA DENGAN MS WORD
Pada saat memulai program aplikasi Microsoft
Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama
Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum
melakukan pengetikan dimulai, diantaranya:
1. Setting Layout, meliputi:
a. Margin
Margin merupakan jarak antara
tepi daerah pengetikan teks dengan tepi halaman kertas.
Untuk mengatur margin dari
dokumen dengan menggunakan menu, ikti langkah berikut ini :
1. Pilih page layout pada baris menu.
2. Pilih dan klik page setup, klik margin.
3. Tentukan jarak dari batas margin yang
diinginkan.
§ Top,
untuk menentukan batas margin
atas.
§ Bottom,
untuk menentukan batas margin
bawah.
§ Left,
untuk menentukan batas margin
kiri pengetikan.
§ Right,
untuk menentukan batas margin
kanan pengetikan.
4.
Mengatur orientasi kertas, yaitu Portrait atau
Landscape
b. Paper
Untuk mengatur margin dari
dokumen dengan menggunakan menu, ikti langkah berikut ini :
1. Pilih page layout pada baris menu.
2. Pilih dan klik page setup, klik paper.
3. Tentukan jenis kertas yang diinginkan.
c. Layout
d. Huruf, mencakup:
v Mengubah
Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap
jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier
dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya telah Anda ketik,
ikuti langkah berikut :
· Blok teks yang akan Anda ubah fontnya.
· Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada
tombol daftar pilihan font yang terdapat pada baris toolbar Formatting.
v Mengubah
Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda
ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan
memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point.
Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik,
ikuti langkah berikut ini :
· Blok teks yang akan diubah ukurannya.
· Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada
tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting.
e. Spacing, meliputi:
Ø Kotak isian Before, diisi dengan jarak spasi sebelum paragraph
Ø Kotak isian After, diisi dengan jarak
spasi sesudah paragraph.
Ø Kotak daftar pilihan Line Spacing, diisi dengan
jarak spasi baris yang diinginkan.
§ Single untuk jarak spasi satu.
§ 1.5
lines, untuk jarak spasi satu
setengah.
§ Double,
untuk jarak spasi dua.
§ At
least, untuk menentukan jarak spasi
minimal.
§ Exactly,
untuk menentukan jarak spasi
yang pasti.
§ Multiple,
untuk menggandakan jarak
spasi Single menjadi Dua, 1.5 lines menjadi Tiga dan Double menjadi Empat.
D.
Menyimpan
Dokumen
1. Segera
setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin
dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan
kehilangan dokumen.
2. Pada
jendela Microsoft Word , pilih menu File,
klik tombol Save.
3. Pada
layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save.
4. Lakukan
penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam
secara mendadak.
Alternatif lain dalam
penyimpanan file :
1. Tekan
tombol Ctrl+S pada keyboard.
E.
Menutup
file Dokumen
1. Setelah
menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word, pilih
menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2. Atau
bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
F.
Menutup
Jendela Microsoft Word
1. Pada
jendela Microsoft Word, pilih menu File,
klik Exit, maka jendela Microsoft
Word akan tertutup.
2. Pastikan
bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3. Selain
dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan
menklik tombol X (tombol close) yang terletak di pokok kanan atas dari jendela
Microsoft Word.
0 komentar:
Posting Komentar